Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi, Jawa Barat, sudah menyiapkan jaksa-jaksa handalnya guna menghadapi persidangan kasus korupsi penyalahgunaan APBD-P Kota Cimahi tahun anggaran 2006-2007 atas nama tersangka mantan Bupati Cimahi Itoc Tochija.

View this post on Instagram

Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi, Jawa Barat, sudah menyiapkan jaksa-jaksa handalnya guna menghadapi persidangan kasus korupsi penyalahgunaan APBD-P Kota Cimahi tahun anggaran 2006-2007 atas nama tersangka mantan Bupati Cimahi Itoc Tochija. “Mulai dari jaksa-jaksa yang akan mengikuti persidangan hingga pada penguasaan berkas, materi dan pembuktian di persidangan, kami sudah sangat siap,” ujar Harjo, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Cimahi, kepada wartawan, kemarin. Harjo mengaku, dirinya dan sejumlah jaksa handal di Kejari Cimahi diterjunkan dalam penanganan perkara korupsi mantan Bupati Cimahi Itoc Tochija yang berkas perkaranya akhir pekan lalu sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Jawa Barat. “Para jaksa itu adalah Rovalino, Rama Eka Darma, Aep Syaifullah, Fabian Swantoro, Fauzi, Lusiana dan Heryanto Hamonangan,” ujar Harjo seraya menyatakan bahwa para jaksa itu akan bahu membahu membuktikan adanya tindak pidana korupsi yang menghebohkan masyarakat Cimahi dan sekitarnya itu. Kajari Cimahi Harjo mengatakan, pihaknya bekerja kebut dalam proses penyelesaian kasus tersebut. “Perkara Cibeureum sudah cukup lama dan masyarakat menunggu kepastian. Pak Itoc sebagai tersangka sudah dihadirkan dalam proses pelimpahan tahap 2 dari penyidik ke penuntut umum. Berkasnya sudah lengkap dan memenuhi alat bukti sehingga bisa diajukan ke pengadilan,” ujarnya. Menurut Harjo, sebenarnya selain mantan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija, Idris Ismail selaku pemilik lahan sekaligus rekanan pada kerjasama pembangunan Cibeureum, Ajang Sujana, mantan Direktur Utama PDJM ada juga tersangka RD Sutarja. “Namun, untuk tersangka RD Sutarja selaku Ketua DPRD Kota Cimahi periode 2004-2009 tidak dilanjutkan penyidikannya karena meninggal dunia,” jelas Harjo. Atas perbuatannya, Itoc dijerat pasal 2 subsider pasal 3 UU Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Itoc pun kini tengah menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin Bandung dalam kasus proyek pembangunan Pasar Atas Baru (PAB) yang ditangani KPK. Sejak didirikan, PDJM sedikitnya telah menerima penyertaan modal lebih dari Rp 50 miliar. Penyertaan modal ke PDJM salah satunya diinvestasikan untuk pembangunan Pasar Raya Cibeurem

A post shared by Kejaksaan Negeri Cimahi (@kejari_cimahi) on

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi, Jawa Barat, sudah menyiapkan jaksa-jaksa handalnya guna menghadapi persidangan kasus korupsi penyalahgunaan APBD-P Kota Cimahi tahun anggaran 2006-2007 atas nama tersangka mantan Bupati Cimahi Itoc Tochija."